Minggu, 11 Februari 2018

Gak Suka Dipuji dan Tidak Termakan Modus

Hal baru yang ditemui di sini adalah kebiasaan orang yang suka muji didepan demi keperluan modus, kalo istilah dalam HI nya 'demi kepentingan nasional'. Beberapa hal yang kemudian perlu diperbaiki adalah cara belajar dan kebiasaan membaca. Anehnya kebanyakan manusia adalah terpaku pada satu proses, menjalankannya berulang-ulang, dan mengharapkan hasil yang beda. Kan nggak masuk akal! Ibarat kate kerjaan lo makan, minum, ngidupin motor, ngabisin bensin ke kampus, balik, terus beli pecel lele, masak ujug-ujug lo pengen jadi diplomat. HAHA, dimana rasionalitasnya cuy? Ngelakuin hal-hal yang beda dan luar biasa dong biar lo sampe kepada mimpi yang elo cita-citain, jangan cuma omdo terus berharap keajaiban datang. Doesn't make sense, you know?!

Kebiasaan kita juga di sini, banyak mahasiswa yang bilang 'jangan samain ngajar di Jawa sama di Pontianak dong, Pak. Secara kebiasaan dan kualitas juga beda jauh.' Oke fine, jadi jangan berharap yang muluk-muluk juga, kalo misal ikutan lomba ya jadi penonton aja, jangan berharap menang. Yakali lo berusaha biasa-biasa aja di sini, then pas ikut lomba apa gitu, lo berharap bisa ngalahin kampus ternama, UGM, Unair, UI, Katolik Parahyangan misalnya. Yakin beneran pengen ngalahin? Pas berusaha aja minimalis, giliran hasil maunya maksimalis. Gak boleh gitu dong. Sama kebiasaan buruk lain adalah, kalo giliran dikasih tugas, usahanya dikit doang, tapi ngeluh di sosmednya berlebihan. HAHA

Kebiasaan orang di sini suka banget muji-muji demi 'sesuatu' dibalik memuji itu. Entah untuk kepentingan nilai atau minta dibuatkan judul skripsi dan proposal buat cepet maju seminar. Biasa si dosen muda yang dikerjain beginian. Seperti cth percakapan berikut.

X: Pak, maaf mengganggu waktunya, Bapak sibuk ndak? Kapan ada waktu buat ngopi dan nongkrong buat diskusi Pak?
Z: Sy tidak suka nongkrong dan minum kopi.
X: Kapan Bapak ada waktu luang buat konsultasi Pak?
Sy ingin diskusi perihal judul skripsi sy.
Tidak ada balasan.
X: Bapak sibuk ndak Pak? Ajarin kami nulis outline dong Pak?
Tidak ada balasan.
*Beberapa minggu kemudian.
X: Bang, sibuk benar kayaknye ye? Kapan ni bang bise ketemu maok bahas judul outline.
Z: Nggak juga, biasa aja, ngajar dan mendampingi mahasiswa menulis paper buat ikutan lomba.
X: Waaah, hebat abang ni, masih muda sudah jam tayang kemana-mana, bermanfaat buat orang banyak, sibuk benar bang yee.
Z: Dalam logika (Sejak kapan lo manggil gue jadi abang? Perasaan adik gue di Pontianak cuma satu doang. Ngape gak muji-muji orang, saye tada suke dipuji. Sebab saye tu taok pujian itu ujian (coba buang huruf P diawal katanya, kan jadi ujian, itulah ngape saye tada suke dipuji sama orang lain. Saye gak tada bakal kemakan modus bah. Maok dikate mude dan sukses ke, maok dikate dah hebat ke, apelah tu semue tada bise bah, kamek tada kemakan modus.
Z: Biasa aja bang.
X: Kapan bisa ketemu bang, belajar nulislah, atau mau konsul bisa ndak abang ni jadi pembimbing skripsi saye?
Z: HAHA, bise ndak ye? (Moduus lo kok sering amet ya, sorry to say rada norak gitu juga. Kan beda jurusan dan ngapain juga minta gue buat jadi pembimbing skripsi lo. Hedddeeh.
X: Jadi kapan bisa ketemu ni bang?
Z: Besok di kampus ya.

Keesokan harinya.
Z: Mana outline judul yang mau diajukan?
X: Nah, itulah yang masih bingung bang, abang ada ide ndak buat judul skripsi sy bang? Sama sekalian buat abstraknya bang biar bisa cepat sy ajukan ke dosen.
Z: Ebuseeeet, beneran belum ada judul, kiran udah, tinggal edit doang. (Lo gak sekalian gitu minta gue jadi joki skripsi lo sampe kelar? Minta dicambuk ni orang!)
X: Itulah bang, masih bingung mau nulis apa. Abang ada masukan ide judul atau apa gitu bang?
Z: (Saudara sy jak tada pernah minta dikerjakan tugas apalagi minta judul, die diskusi tentang tugas akhir jak. Nah lo, minta mulai judul, abstrak sampe pembimbing. Tuhan, ampuni mahasiswa ini. Untung bukan anak HI. HAHA)


*Gue bukan tipe orang yang suka dipuji dan kemakan modus, in case lo suka muji gue, itu bagi gue biasa aja. Atau, sometime, gue mikir kalo lo lagi muji gue,berarti lo punya niat dan maksud terselubung dibalik pujian lo. NGERTI kan, gue gak suka dipuji dan bukan makhluk yang gampang kemakan modus. Selamat Satnite wahai mahasiswa tingkat akhir!!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Sebuah Kisah Kilas Balik

Ada seorang anak yang hidup di desa dan tinggal bersama keenam saudaranya. Anak laki-laki ini amat berbeda. Ia dibesarkan dengan lingkunga...