Kamis, 17 Maret 2016

Blog Inspiratif

“Sesuatu yang terjadi dalam sehari atau dalam beberapa hari kadang atau bahkan bisa merubah keseluruhan jalan hidup seseorang”
Untuk beberapa kisah dalam hidup yang pernah kita lalui memang selalu memberikan pelajaran baik itu sedikit atau juga banyak. Blog yang kau tulis, memberikan banyak motivasi untuk terus berbenah diri. Tuhan, aku tau diri ini memang kotor, jauh dari kata baik, bahkan sering sekali aku melupakanmu saat bertemu dengan bayangan dunia. Tapi, sungguh aku juga ingin menjadi orang yang baik Tuhan, bisa membuat orang bahagia, merasa nyaman saat berada dalam kedekatan denganMu juga dengan tanda-tanda kekuasaaanMu. Banyak sekali jiwa yang kukenal dulu begitu biasa jika manusia menilainya, tapi saat ini kadar imannya justru melabung tinggi jauh dari atas rata-rata. Pegangan hidupnya sederhana, ia hanya ingin semua yang ia kerjakan karena Allah dan yang penting Engkau ridha, begitu ucapnya. Jiwa mana yang tidak luluh dan hancur jika membaca dan mendengarkan ucapan yang begitu menunjukkan bahwa Engkau memang layak kami nomor satukan. Tidak dalam sehari, tapi kadang jiwa ini merasa iri dengan mereka yang bisa terus istiqamah untuk menulis dan berbagi bersama yang lain. Aku mengaku kalah Yaa Rabb, sudah berapa hampir sebulan aku tidak merangkai kata di blog pribadiku. Alasanku memang sederhana, aku tidak punya banyak kemauan untuk melakukan itu semua alias MALAS!
Aku memang tak mengenalnya secara dekat, bahkan hanya membaca beberapa tulisannya yang terdapat di akun blognya, aku merasa terinspirasi dengan rangkaian kata hingga kalimat dan paragraph itu membentuk menjadi sederet cerita kecil pengalaman hidupnya. Maka, saat membaca tulisan itu, aku merasa begitu kecil, begitu tak berguna, dan merasa begitu kotor. Ia yang harus berjuang demi menyelesaikan sekolahnya saja harus melakukan banyak hal bisa terus bernilai dan menginspirasi orang lain. Sedikit banyak ia mengajarkan bagaimana harus menjadi generasi yang terus positif thinking karena berpikiran negatif hanya akan menguras pikiran yang baik dan menjadikan kita menyesal jika sudah mengetahui apa yang terjadi. Meski berjuang sendiri, ia terlihat begitu tegar, kuat, dan mampu menjalaninya hingga masa yang belum Tuhan tentukan kesakitan itu akan berakhir kapan. Ia mengakui bahwa dirinya memang tidak baik, bahkan jiwa yang berjalan dengannya juga tidak baik, tapi hatinya yakin bahwa ia akan menjadi lebih baik dengan hidayah yang Engkau berikan padanya Rabb. Aku jatuh cinta, namun aku kadang lupa, bahwa aku punya Engkau, Tuhan yang harus terus aku perhatikan agar Engkau tidak cemburu jika aku begitu dekat dengan makhlukmu. Ya, Engkau memang sejatinya dijadikan cinta pertama, melebihi kadar cinta dari makhluk.
Tidak ada yang salah dengan masa lalu, yang ada adalah bahwa kita harus terus berbenah dengan banyaknya kesalahan yang sudah kita lakukan di masa lalu. Hal yang harus kuyakini sekarang adalah meski sedikit pengalaman, namun harus terus belajar agar kesalahan tersebut dapat menjadi pencerah dalam hidup. Jika memang dalam hati ini banyak noktah hitam yang sudah bertebaran, aku meminta ampun atas segala kelalaianku di masa silam Tuhan, aku yakin Engkau pasti masih memberikan kesempatan kepada hambaMu untuk terus memperbaiki diri. Beratus kali kami mengerjakan maksiat dan dosa, beribu kali Engkau hadir dengan pengampunan. Maha benar Engkau Yaa Rabb, dengan segala firman-firmanMu.
Inspirasi kedua dari kejadian semalam adalah saat mimpi bertemu kak Ainun, orang yang sudah sangat baik menemani perjalanan akademik hingga kini ia telah menjadi seorang Ibu. Ah, aku rindu petuah dan nasehat yang kau ucapkan saat kami dulu merasa bosan dengan aktivitas kehidupan akademik kami kak. Entah kapan lagi bisa bersua, mendengar cerita versi masing-masing yang pasti akan sudah sangat berbeda dengan masa dulu saat kita duduk di bangku kuliah. Rindu dengan omongan Mandarinmu kak, yang kadang aku juga bingung kakak lagi bicarain apa, but you are the best sister ever. Gak pernah berhenti jadi penolong dan menjadi sosok yang peduli dalam menyikapi perjalanan hidup yang kadang manis but sometimes it is so hard and also hurt to say. Senang bisa mengenal kakak, orang yang selalu menjadi ibu dan motivator saat kami sedang BT abis, atau jangan-jangan karena memang usia kakak lebih tua dari kami, makanya kakak bisa begitu dewasa? Ups, jangan marah ya kalau baca tulisan ini, kak Ainun baik super the best lah!
Pernah gak kamu memikirkan masa depan, seperti menerka-nerka apa yang akan terjadi dan ternyata kamu belum siap untuk menghadapinya? Jika pernah, mungkin kita sama, lebih kepada sebuah rasa cemas yang hadir sebenarnya, bukan karena takut untuk tidak menghadapinya, tetapi memerlukan amunisi yang tepat untuk menjalani itu semua. Seberapa sering kita meminta kepada Tuhan agar dikuatkan, sesering itu pula Tuhan hadir dan memberikan kita bimbingan. Tidak lagi tentang kegelisahan hati menebak masa depan, tapi persiapan matang memang dibutuhkan agar bisa menjadi insan terbaik dan generasi pilihan. Itu semua bergantung pada usaha kita, doa kita, dan seberapa kuat kita berusaha untuk terus bertahan. Sering menggalaukan bukan? Haha, nikmati saja!

Sampai disini dulu tulisannya, next time dilanjut lagi, intinya aku bersyukur banget bisa bertemu banyak orang baik, penulis pribadi di blog yang menginspirasi, dan juga sosok-sosok tangguh yang tak kenal lelah untuk memperbaiki diri, semoga kita semua bisa husnul khatimah dengan usaha untuk terus bisa bermuhasabah ya guys, terima kasih untuk inspirasi semalam, terima kasih untuk mimpi bertemu kak Ainun Yaa Allah. Hai jum’at, aku memujamu. 

1 komentar:

Sebuah Kisah Kilas Balik

Ada seorang anak yang hidup di desa dan tinggal bersama keenam saudaranya. Anak laki-laki ini amat berbeda. Ia dibesarkan dengan lingkunga...