Senin, 11 Juli 2022

Ujian Tiap Manusia Berbeda

 

Tidak ada satu orang pun di dunia ini yang selalu dalam keadaan baik-baik saja. Setiap orang yang masih bernafas, mereka hidup dan berjuang dengan ujian mereka masing-masing.

Mungkin ada banyak beban di kepala yang ingin kita musnahkan. Tentang penat dan lelah yang terus bersarang. Sementara dunia kerap kali gagal menghancurkan. Kita adalah manusia, merasakan semua itu adalah biasa. Berbahagialah untuk setiap perjuangan hidup yang masih berlanjut. Bismilahkan agar bisa menjadi alhamdulilaah.  

Aku, kamu, dan semua orang di luar sana pun sejatinya sedang berjuang untuk menyelesaikan semua masalah kehidupan yang hinggap. Kita boleh lelah, tapi jangan menyerah. Dunia ini memang tempat untuk berlelah-lelah. Mungkin beban kita lebih berat daripada orang lain, itu pun karena Allah memandang kita sanggup untuk menyelesaikannya. Kamu boleh sedih, tapi jangan berlarut. Dunia harus terus berlanjut, bagaimana pun proses dan sakitnya.

Pernah aku baca sebuah tulisan, begini bunyinya.

Jika ingin hidup bahagia, ikatlah harapan pada tujuan. Jangan ikat pada orang atau benda. Alasannya mungkin adalah karena orang yang menjadi tempat kita berharap sering kali memberikan sakit yang lebih dan susah untuk sembuh. Ali Bin Abi Thalib pun sepertinya pernah mengingatkan untuk tidak berharap kepada manusia. Sebab manusia adalah sumber kecewa dan sedih tak terperi yang sudah kering apalagi disembuhkan.

Tapi, di antara semua sedih, masalah, beban, dan apapun yang sedang kamu hadapi saat ini, adukan semuanya pada Allah.

Sebab dunia adalah tempat untuk berlelah-lelah, sampai Tuhan berkata, sudah waktunya pulang. Begitu bukan?

 Tulisan bersambung kemudian.  

1 komentar:

  1. 이 패키지 이용 시 바카라 벨루가 텀블러 잔에 원하는 글귀를 새겨주는 각인 서비스도 제공한다. 또 조식 뷔페, 이그제큐티브 클럽라운지, 애프터눈 티, 저녁시간 무제한 주류 서비스, 발렛 주차 1회, 한국식 사우나 등 이용 서비스도 포함한다. 인공지능이 자동으로 줄인 '세 줄 온라인카지노게임 요약' 기술을 사용합니다. 전체 내용을 이해하기 위해서는 기사 본문과 함께 읽어야 합니다.

    BalasHapus

Sebuah Kisah Kilas Balik

Ada seorang anak yang hidup di desa dan tinggal bersama keenam saudaranya. Anak laki-laki ini amat berbeda. Ia dibesarkan dengan lingkunga...